CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN BIOTEKNOLOGI

Berdasarkan keunggulan sumberdaya manusia (SDM) yang ada Universitas Airlangga, maka capaian pembelajaran dan sub pembelajaran Program Studi S2 (Magister) Bioteknologi Perikanan dan Kelautan adalah sebagai berikut :
A. Lulusan Prodi BPK mampu menganalisis kesehatan biota perairan dan lingkungan dengan tepat tentang rekayasa akuakultur dan produk berbasis bioteknologi yang dapat diterapkan pada bidang perikanan dan kelautan untuk meningkatkan produksi (Desicion Maker).
a.1. Mampu menganalisis peran filsafat ilmu dalam mendasari dan menunjang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang biteknologi kesehatan biota dan lingkungan bioteknologi akuakultur dan bioteknologi hasil perikanan dan kelautan berdasarkan kaidah-kaidah filsafat ilmu yang telah baku
a.2. Mampu menguraikan gambaran tentang fisiologi biota akuatik guna mendukung peningkatan produksi perikanan yang berkualitas dan bebas penyakit.
a.3. Mampu menganalisis hasil biosintesa protein, DNA, RNA dan Struktur Makro molekul untuk mendukung kesehatan biota akuatik sesuai dasar teori yang benar.
a.4. Mampu menganalisis struktur dan fumgsi sel, interaksi dan komunikasi, regulasi, ekspresi gen, replikasi, transkrpsi, translasi, enzim restriksi, ligasi dan rekombinan DNA yang berkaitan dengan biota akuatik untuk meningkatkan produksi perikanan dan kelautan yang berkualitas dan bebas penyakit.
a.5. Mampu menganilisis berbagai macam penyakit pada ikan baik yang disebabkan oleh parasit, bakterial, mikal dan viral pada ikan serta akibat yang ditimbulkan berdasarkan diagnostik molekuler yang tepat.
B. Lulusan Prodi BPK mampu menciptakan biota akuatik dan lingkungan yang sehat, metode rekayasa akuakultur baik tawar, payau maupun laut dan produk olahan berbasis pada
bidang bioteknologi perikanan dan kelautan yang dapat meningkatkan produksi berkualitasekspor (Researcher).
b.1. Mampu menciptakan  karya ilmiah dalam bidang bioteknologi kesehatan biota akuatik dan lingkungan, rekayasa akuakultur dan hasil perikanan serta kelautan yang baik secara nasional maupun internasional.
b.2. Mampu menciptakan induk dan benih boiota akuatik yang berkualitas dan bebas penyakit melalui rekayasa akuakultur untuk peningkatan produksi perikananan budidaya berbasis pada bioteknologi reproduksi yang dapat dikembangkan diIndonesia.
b.3. Mampu menciptakan metode pencegahan penyakit dalam upaya yang berkualitas dan sehat untuk mendukung pengembangan akuakultur yang berbasis pada bioteknologi molekuler.
b.4. Mampu menciptakan inovasi baru dari ikan dan udang yang tahan terhadap infeksi patogen maupun cekaman lingkungan untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya dengan berbasis bioteknologi molekuler.
b.5. Mampu menganalisis DNA rekombinan dari gen biota akuatik untuk mendukung peningkatan bioteknologi akuakultur berdasarkan teori dan praktek  rekayasa genetika secara teliti dan tepat.
C. Lulusan Prodi S2 BPK mampu mengembangkan hasil bioteknologi akuakultur dan industri hasil perikanan dan kelautan dalam berbagai jenis produk olahan yang sehat, layak dan aman serta berkualitas ekspor dengan jelas dan baik (Manajer).
c.1. Mampu mengembangkan teknik analisis kimia dan molekuler untuk mendukung kualitas produk perikanan dan kelautan  yang, sehat, layak dan aman dikonsumsi oleh konsumen.
c.2. Mampu mengembangkan cara penggunaan dan efektifitas obat terhadap infeksi patogen pada biota akuatik sehingga hasil produk olahannya tidak mengaandung residu obat berbasis bioteknologi molekuler.
c.3. Mampu merumuskan peranan bioaktif metabolit dari biota akuatik secara biological and clinical evaluasion untuk pengembangan industri hasil perikanan dan kelautan sesuai dengan dasar teori eksplorasi molekuler.
c.4. Mampu menciptakan kondisi lingkungan perairan sebagai media hidup biota akuatik yang berkualitas dan sehat untuk mendukung pengembangan akuakultur yang berbasis pada bioremediasi.
D. Lulusan Prodi BPK mampu merancang kesehatan biota perairan dan lingkungan, rekayasa akuakultur dan produk berbasis bioteknologi yang dapat diterapkan pada bidang perikanan dan kelautan untuk meningkatkan produksi (Planer)
d.1. Mampu menyusun metode budidaya biota perairan berbasis bioteknologi akuakultur yang dapat menghasilkan produksi perikanan dan kelautan yang berkualitas ekspor.
d.2. Mampu merancang industri hasil perikanan dan kelautan yang berbasis bioteknologi dan mendukung produk olahan yang berkualitas ekspor.
d.3. Mampu merancang industri hasil perikanan yang berbasis bioteknologi bahan aktif biota laut yang berkualitas dan layak serta aman digunakan oleh konsumen.
d.4. Mampu merancang formulasi dan teknologi proses pengolahan nutrisi biota akuatik yang dapat mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya yang berkualitas ekspor.
d.5. Mampu merancang lingkungan perairan yang berkualitas dan sehat untuk mendukung kesehatan biota akuatik yang berbasis pada bioteknologi molekuler.